Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengaturan Lembar Kerja pada Office Word sebelum Pengetikan Dokumen

Sebelum Anda mengetik suatu dokumen, sebaiknya Anda mengatur (setting) dulu Aplikasi Office Word yang Anda gunakan. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan Anda pada saat mengetik suatu dokumen dan hasilnya rapi. Pada saat pertama kali menjalankan Aplikasi Office Word setelah proses installasi, pengaturannya adalah bawaannya aplikasi.

Berikut ini pengaturan dasar yang sering digunakan pada Office Word:

Tampilkan 'Ruler'

Ruler berfungsi untuk mengatur batas halaman, tabulasi, mengatur tata letak teks dan objek.

Gambar: 'Ruler' pada Office Word

Cara menampilkan Ruler:

  1. Buka Aplikasi Office Word yang digunakan.
  2. Klik Menu Bar ‘View’.
  3. Berikan tanda centang pada kotak di samping tulisan ‘Ruler’.

Tampilkan 'Text Boundaries'

Text Boundaries adalah garis imajiner untuk membantu Anda mengetahui batas antara area penulisan dengan sisi dokumen.

Gambar: 'Text Boundaries' pada Office Word

Cara menampilkan Text Boundaries:

  1. Buka Aplikasi Office Word yang digunakan.
  2. Klik Menu Office yang terletak di pojok kiri atas.
  3. Kemudian pilih 'Word Options'.
  4. Lalu pilih Tab 'Advanced'.
  5. Pada 'Show document content' berikan tanda centang pada kotak di samping tulisan ‘Show text boundaries’, lalu pilih Tombol 'OK'.

Menyesuaikan 'Quick Access Toolbar'

Quick Access Toolbar adalah toolbar untuk mengakses secara cepat command yang paling sering Anda digunakan.

Gambar: 'Quick Access Toolbar' pada Office Word

Cara menyesuaikan Quick Access Toolbar:

  1. Buka Aplikasi Office Word yang digunakan.
  2. Klik Tombol 'Customize Quick Access Toolbar' yang berbentuk segitiga yang terletak paling kanan pada deratan Quick Access Toolbar.
  3. Kemudian pilih 'More Commands'.
  4. Lalu pada 'Choose commands from' pilih 'All Commands'.
  5. Pilih command yang akan dimunculkan pada Quick Access Toolbar, lalu pilih Tombol 'Add >>', jika sudah selesai lalu pilih Tombol 'OK'.

Berikut ini command yang sering digunakan pada saat mengetik suatu dokumen:

Gambar: 'Toolbar' pada Office Word
Gambar: 'Toolbar' pada Office Word

Mengatur Halaman

Untuk mengatur halaman bisa dilakukan pada Toolbar 'Page Setup' yang sudah dimunculkan pada 'Quick Access Toolbar'.

Gambar: Pengaturan 'Page Setup' pada Office Word

Setelah muncul Dialog Box 'Page Setup' kemudian pilih Tab 'Margins' lalu isikan margin yang diinginkan. Margin adalah jarak antara area pengetikan dengan tepi halaman, dengan batas yang ditandai oleh Text Boundaries. Untuk dokumen biasa seperti surat menyurat, Anda bisa menggunakan pengaturan margin sebagai berikut:

  1. Margin Atas (Top) : 2,5 CM
  2. Margin Bawah (Bottom) : 2,5 CM
  3. Margin Kiri (Left) : 3 CM
  4. Margin Kanan (Right) : 2,5 CM
Gambar: 'Margin' pada Office Word

Masih pada Dialog Box 'Page Setup' kemudian pilih Tab 'Paper'. Kemudian pilih ukuran kertas yang digunakan, caranya pilih salah satu dari daftar ukuran kertas pada 'Paper size'. Jika ukuran kertas yang Anda gunakan tidak ada pada daftar pilihan, maka bisa diisi secara manual. Caranya pada daftar ukuran pilih 'Custom size', lalu masukan ukuran lebar dan panjang kertas.

Sebagai contoh, Kertas HVS F4 yang banyak dijual di toko buku dan alat tulis dengan sebutan lain Kertas Legal, padahal Kertas F4 bukanlah Kertas Legal, karena ukurannya beda. Ukuran Kertas Legal sudah ada pada daftar ukuran sedangkan Kertas F4 tidak ada. Jika Anda akan menggunakan Kertas F4, maka harus diisikan secara manual dengan ukuran:

  • Lebar/ Width: 21,5 CM
  • Panjang/ Height: 33 CM

Setelah mengatur margin dan ukuran kertas, kemudian pilih Tombol 'OK' untuk menerapkan pengaturan yang Anda pilih. Jika Anda ingin menerapkan pengaturan yang sama setiap akan mengetik suatu dokumen, maka sebelum memilih Tombol 'OK', pilih dulu Tombol 'Default' pada pojok kiri bawah, kemudian setelah itu baru pilih Tombol 'OK'. Nantinya jika Anda membuka lembar kerja baru, maka pengaturannya akan sama dengan pengaturan sebelumnya. Jadi Anda tidak akan kerepotan mengatur lagi  margin dan ukuran kertas.

Mengatur Paragraf 

Untuk mengatur paragraf bisa dilakukan pada Toolbar 'Paragraph' yang sudah dimunculkan pada Quick Access Toolbar.

Gambar: Pengaturan 'Paragraph' pada Office Word

Setelah muncul Dialog Box 'Paragraph' kemudian pilih Tab 'Indents and Spacing'. 'Identation'/ identasi adalah penulisan paragraf yang agak menjorok masuk ke dalam dari batas kiri, kanan, atau keduanya. Yang sering digunakan pada identasi adalah fungsi 'Special', yang terdiri dari 2 (Dua) pilihan, yaitu: 'First line' dan 'Hanging'.

'First line' adalah identasi hanya pada baris pertama pada paragraf, jadi hanya baris pertama yang agak menjorok masuk ke dalam dari batas kiri. Sedangkan 'Hanging' adalah identasi kebalikan dari 'First line', yaitu hanya baris pertama yang tidak menjorok masuk ke dalam dari batas kiri, jadi baris kedua dan seterusnya yang menjorok ke dalam.

'First line' sering diterapkan pada kata pengantar dan isi dokumen, sedangkan 'Hanging' sering diterapkan pada daftar pustaka, seperti pada surat menyurat, skripsi, makalah, laporan, proposal, dsb.

'Spacing' adalah spasi atau jarak antar paragraf dan jarak antar baris. Pengalaman saya pada saat  migrasi dari Office Word 2003 ke Office Word 2007 pengaturan 'Spacing' secara defaultnya berbeda.

Gambar: Pengaturan 'Spacing' pada Office Word

Pada Office Word 2003, pengaturan 'Spacing' secara default adalah sebagai berikut:

  • 'Before': 0 pt
  • 'After': 0 pt
  • 'Line spacing': Single

Pada Office Word 2007, pengaturan 'Spacing' secara default adalah sebagai berikut:

  • 'Before': 0 pt
  • 'After': 6 pt
  • 'Line spacing': 1,15

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun jika Anda sedang mengetik skripsi menggunakan Office Word 2007 dengan pengaturan defaultnya, nanti hasil jarak antar paragraf atau baris akan terlihat berbeda. Mengapa bisa terlihat berbeda? Karena biasanya aturan pada skripsi spasinya harus doubel (2), lalu pengaturan yang dirubah hanya 'Line spacing' saja, dari 1,15 menjadi 2, sedangkan pengaturan jarak antar paragraf tidak kita rubah, yaitu: 'After': 6 pt masih tetap demikian.

Sama seperti pengaturan margin dan halaman, pengaturan 'Spacing' pun bisa Anda terapkan secara default. Caranya hampir sama, yaitu sebelum memilih Tombol 'OK', pilih dulu Tombol 'Default' kemudian setelah itu baru pilih Tombol 'OK'. Nanti hasilnya pengaturan 'Spacing' secara default akan sama dengan Office Word 2003.

Demikian pengaturan lembar kerja pada Office Word sebelum Anda melakukan pengetikan suatu dokumen. Untuk pengaturan lainnya seperti tampilan warna pada aplikasi, jenis huruf, dll. bisa disesuaikan sesuai selera dan keinginan Anda.

Posting Komentar untuk "Pengaturan Lembar Kerja pada Office Word sebelum Pengetikan Dokumen"