Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengganti Warna Latar Belakang atau Background Foto

Pernahkah Anda mengalami pada saat membutuhkan pas foto dengan warna latar tertentu, dan malas untuk difoto di studio foto? Saat ini dengan era-nya smartphone, mengambil foto merupakan perkara mudah. Memanipulasi atau mengedit foto pun semakin mudah, baik itu dengan bantuan aplikasi pada smartphone atau aplikasi pada komputer.

Salah satu aplikasi komputer yang populer untuk mengedit foto atau gambar adalah Adobe Photoshop. Banyak fungsi dan cara untuk mengedit gambar pada Photoshop, salah satunya adalah teknik 'Masking'.

Teknik 'Masking' bisa digunakan untuk membuat pas foto dengan warna latar yang bisa diubah-ubah sesuai keinginan Anda. Langsung saja, berikut cara menggunakan teknik 'Masking' pada Photoshop untuk merubah background foto.

Langkah pertama, siapkan foto yang akan dirubah latar belakangnya, kemudian buka pada Aplikasi Photoshop. Kemudian gandakan layer, caranya klik menu icon berbentuk bulat bergambar segitiga pada 'Palette Layer', setelah muncul pilihan lalu pilih 'Duplicate Layer ...' jika muncul dialog box 'Duplicate Layer' pilih saja Tombol OK, maka layer gambar pun jadi 2 (Dua).

Cara cepat untuk menggandakan layer, yaitu klik kanan layer pada daftar layer, kemudian pilih 'Duplicate Layer', setelah muncul dialog box 'Duplicate Layer' lalu pilih Tombol OK.

Gambar: Cara untuk Menggandakan Layer
Gambar: Cara untuk Menggandakan Layer

Untuk mengetahui gambar sudah menjadi 2 Layer, lihat saja pada 'Palette Layer' terdapat dua daftar Layer.

Gambar: Daftar Layer pada 'Palette Layer'

Langkah selanjutnya hapus Layer 1 (Background), caranya klik kanan pada layer yang akan dihapus kemudian pilih 'Delete Layer' jika muncul dialog box pilih saja Tombol 'Yes'.

Gambar: Cara Menghapus Layer

Sekarang hanya terdapat 1 Layer/gambar hasil duplikat tadi, langkah selanjutnya tambahkan objek gambar berupa persegi panjang untuk dijadikan warna background. Caranya pilih 'Rectangle Tool' pada 'Tools Box', kemudian tentukan/ pilih warna yang diinginkan. Buat gambar persegi panjang menutupi semua gambar pada Layer 1.

Gambar: Membuat Objek Gambar Persegi Panjang

Gambar: Objek Persegi Panjang untuk Background

Setelah itu jadikan urutan layer gambar persegi panjang di bawah layer gambar hasil duplikat tadi. Caranya klik layer pada daftar layer, tahan, kemudian geser ke urutan di bawah layer gambar hasil duplikat tadi.

Sekarang pada lembar kerja terdapat 2 (Dua) Layer, terdiri dari gambar awal yang diduplikat tadi dan gambar objek persegi panjang sebagai warna background. Cara untuk menampilkan warna background yaitu dengan menghapus sebagian gambar pada layer terdepan (gambar yang diduplikat tadi).

Dikarenakan saya akan membahasa teknik 'Masking', maka gambar pada layer terdepan tadi tidak akan menggunakan fungsi MENGHAPUS ('Eraser Tool'). Dengan teknik 'Masking' gambar pada layer tidak akan dihapus tapi akan ditutup sementara, jadi jika ada kesalahan bisa dikembalikan ke semula. 

Berbeda dengan teknik menghapus, jika file sudah disimpan (Save) kemudian file ditutup, dan ketika file dibuka kembali maka hasil yang dihapus tadi tidak bisa dikembalikan ke semula.

Untuk mengaktifkan fungsi 'Masking' klik layer pada daftar layer, kemudian klik Tombol 'Add Layer Mask' pada palette layer.

Gambar: Mengaktifkan Fungsi 'Masking'

Setelah fungsi 'Masking' aktif, cara untuk menerapkannya pada gambar gunakan 'Brush Tool' pada Tool Box. Untuk menutup gambar gunakan warna hitam pada 'Foreground' dan warna putih pada 'Background'. Kemudian sapukan 'Brush Tool' pada area kerja yang akan ditutup sementara.

Gambar: Penerapan Fungsi 'Masking'

Untuk memunculkan gambar ke semula jika ada kesalahan, tinggal balikan warna 'Foreground' jadi putih dan warna 'Background' jadi hitam, caranya klik yang bertanda panah di sebelah fungsi 'Foreground dan Background'. Kemudian sapukan 'Brush Tool' pada area kerja, gambar yang ditutup akan muncul kembali seperti semula.

Gambar: Membalikan Warna 'Foreground dan Background'

Gambar: Hasil Akhir Teknik 'Masking'

Setelah pengolahan gambar selesai dan sesuai dengan yang Anda inginkan, kemudian kedua layer bisa digabungkan menjadi satu layer, caranya klik menu icon pada 'Palette Layer' kemudian pilih 'Merge Visible' atau 'Flatten Image'.

Gambar: Fungsi untuk Menggabungkan Layer

Setelah layer tergabung menjadi satu, gambar utama dengan gambar background pun menyatu dan bisa dipindahkan pada lembar kerja yang lain.

Demikian tutorial cara mengganti warna latar belakang atau background foto. Anda bisa berkreasi sendiri bukan hanya mengganti warna latar belakang, bisa juga diganti dengan gambar lain, seperti pemandangan, kota, dll.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Warna Latar Belakang atau Background Foto"