Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips dan Trik Mengetik Dokumen Skripsi

Sumber Gambar: Pixabay

Mengetik skripsi merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Sebenarnya kalau hanya mengetik saja itu sangat mudah, bahkan di rental-rental komputer atau jasa pengetikan pun itu merupakan pekerjaan sehari-hari.

Nah, yang agak susah yaitu menyusun bahan-bahan untuk skripsi, kalau sudah ada bahannya tinggal kita ketik sendiri atau bisa menggunakan jasa pengetikan.

Bagi Anda yang sedang mengetik skripsi, berikut ini tips dan trik supaya pengetikan skripsi mudah dikelola dan mudah jika direvisi.

Buat Dokumen Skripsi jadi Beberapa File

Dokumen skripsi yang sudah jadi biasanya agak tebal, bayangkan jika semuanya dikerjakan pada satu file. Nah, untuk memudahkan pada saat mengetik skripsi, buatlah dokumen skripsi jadi beberapa file. Berikut ini contohnya:

  1. Satu file terdiri dari Halaman Judul, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel.
  2. Satu file terdiri dari Bab I.
  3. Satu file terdiri dari Bab II.
  4. Satu file terdiri dari Bab III.
  5. Satu file terdiri dari Bab IV.
  6. Satu file terdiri dari Daftar Pustaka.

Simpan semua file tersebut pada satu folder, kemudian beri nama folder tersebut, misalkan: 'SKRIPSIKU TAHUN 2000'. Jadi dokumen skripsi yang dibuat terdiri dari enam file terpisah tapi berada pada satu folder.

Jika dokumen skripsi sudah jadi dan Anda ingin menggabungkannya menjadi satu file, konversi file-file yang terpisah tadi menjadi file PDF, kemudian gabungkan menjadi satu file PDF, mudah bukan?

File skripsi yang dibuat terpisah juga memudahkan dalam penomoran halaman, tapi Anda harus jeli melihat halaman terakhir untuk melanjutkan penomoran halaman pada file berikutnya. Misalkan nomor halaman terakhir pada file Bab I adalah nomor 50, maka Anda harus memberikan nomor 51 pada halaman awal pada file Bab II, begitu seterusnya.

Untuk menampilkan nomor halaman, baca juga artikel saya berikut ini: Cara Menampilkan Nomor Halaman pada Dokumen Office Word.

Gunakan Penomoran Secara Konsisten

Dalam skripsi cara penomoran harus digunakan secara konsisten, tidak boleh dicampuradukkan. Artinya jika Anda memilih cara yang pertama, maka Anda tidak boleh memakai cara yang kedua, begitu pula sebaliknya. Berikut ini ada dua cara penomoran pada skripsi:

  1. Cara pertama : I., A., 1., a., 1), a), (1), (a)
  2. Cara kedua : I., 1., 1.1, 1.1.1, dst.





1 komentar untuk "Tips dan Trik Mengetik Dokumen Skripsi"