Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Bullet and Numbering pada Microsoft Word

Salah satu fitur pada Aplikasi Microsoft Office Word adalah Bullet and Numbering yang berfungsi untuk memberikan tanda berupa gambar/lambang tertentu (Bullet) atau angka/huruf (Numbering) pada teks dalam satu alinea.

Fungsi Bullet and Numbering biasanya digunakan pada text berupa daftar, poin-poin atau sub bagian. Khusus untuk fungsi Numbering bisa juga digunakan pada teks berupa daftar secara berurutan.

Fungsi Bullet and Numbering berjalan dengan otomatis, artinya jika alinea pertama diberi fungsi Bullet and Numbering, kemudian Anda menekan Tombol Enter pada keyboard, maka terbentuklah baris/alinea kedua yang sudah terpasang fungsi Bullet and Numbering.

Begitulah seterusnya, setiap kali Anda menekan Tombol Enter maka akan terbentuk baris/alinea selanjutnya yang sudah terpasang fungsi Bullet and Numbering. Tapi perlu diingat, setiap terbentuk baris/alinea baru, Anda harus mengetik teks dulu minimal satu karakter.

Jika baris/alinea kosong atau tidak berisi satu karakter pun, ketika Anda menekan Tombol Enter pada keyboard maka fungsi Bullet and Numbering akan hilang.

Cara Mengaktifkan Bullet and Numbering

Ada berbagai macam cara untuk mengaktifkan fungsi Bullet and Numbering. Cara pertama, yaitu memberikan fungsi Bullet and Numbering pada teks yang sudah ada. Cara kedua, Anda bisa mengaktifkan fungsi Bullet and Numbering dahulu, kemudian mengetik teks.

Cara ketiga, khusus untuk fungsi Numbering, Anda bisa mengetik teks sesuai jenis Numbering yang diinginkan, lalu beri spasi satu kali, maka teks tersebut akan berubah secara otomatis menjadi Numbering. Kemudian Anda bisa melanjutkan untuk mengetik teks selanjutnya.

Cara Pertama

Untuk mengaktifkan fungsi Bullet and Numbering pada teks yang sudah ada, caranya persiapkan dulu teks yang akan diberi Bullet and Numbering. Kemudian pilih/sorot teks tersebut dengan cara drop and drag mouse, lalu klik Toolbar Bullet and Numbering yang berada pada Menu Tab Home. Lalu pilih jenis Bullet atau Numbering yang Anda inginkan.

Berikut ini gambar ilustrasi cara mengaktifkan fungsi Bullet.

Berikut ini gambar ilustrasi cara mengaktifkan fungsi Numbering.

Cara Kedua

Anda bisa mengaktifkan fungsi Bullet and Numbering sebelum mengetik teks, caranya klik Toolbar Bullet and Numbering yang berada pada Menu Tab Home. Lalu pilih jenis Bullet atau Numbering yang Anda diinginkan. Kemudian Anda bisa melanjutkan mengetik teks selanjutnya, dengan fungsi Bullet and Numbering yang telah aktif.

Cara Ketiga

Cara selanjutnya hampir sama dengan cara kedua, yaitu mengaktifkan fungsi Bullet and Numbering sebelum mengetik teks. Tapi cara berikut ini berlaku untuk mengaktifkan fungsi Numbering saja. 

Caranya yaitu dengan mengetik teks sesuai jenis Numbering yang Anda inginkan, bisa berupa angka atau huruf. Misalkan Anda akan menerapkan angka (1.), (2.), (3.), dst. sebagai Numbering. Anda tinggal ketik saja angka satu (1) dan tanda baca titik (.) lalu tekan spasi, maka otomatis akan menjadi fungsi Numbering.

Cara ini berlaku jika Fungsi Automatic Numbering diaktifkan. Jadi setiap Anda mengetik angka atau huruf yang menjadi karakter awal pada Numbering, maka otomatis akan menjadi fungsi Numbering.

Jika Anda mengetik angka atau huruf yang menjadi karakter kedua dan selanjutnya, maka fungsi Automatic Numbering tidak akan berjalan. Kecuali jika karakter sebelumnya telah aktif, kemudian Anda mengetik karakter selanjutnya, maka otomatis akan menjadi fungsi Numbering melanjutkan urutan sebelumnya.

Sebagai contoh, jika karakter (1.) dan (2.) telah aktif menjadi Numbering, kemudian Anda mengetik angka (3.) lalu tekan spasi, maka angka (3.) tersebut akan aktif menjadi fungsi Numbering.

Demikian artikel tentang cara menggunakan Bullet and numbering pada Microsoft Word, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Bullet and Numbering pada Microsoft Word"