Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat dan Rapi Mengetik Dokumen

Sumber Gambar: Pixabay

Aplikasi komputer yang terkenal dan sering digunakan untuk mengetik dokumen adalah Microsoft Office Word. Cara menjalankan Office Word cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan sebuah komputer desktop atau laptop dengan Sistem Operasi Microsoft Windows dan sudah terinstall Aplikasi Microsoft Office Word.

Keahlian mengetik dokumen pada Office Word sudah diajarkan di sekolah atau di lembaga kursus komputer. Bahkan keahlian mengetik di lembaga kursus komputer merupakan mata pelajaran utama. Anda juga bisa belajar mandiri (otodidak) melalui media internet seperti pada website, blog atau Youtube dengan bantuan aplikasi pencarian seperti Google. Sudah banyak ilmu komputer yang dibagikan melalui media internet, cukup mengetikan kata kunci yang diinginkan pada aplikasi pencarian.

Pada kesempatan ini, Saya akan membagikan ilmu berdasarkan pengalaman kerja Saya, khususnya cara cepat mengetik dokumen pada Office Word dengan hasil pengetikan yang rapi. Ada beberapa manfaat jika dokumen hasilnya rapi, di antaranya mudah dibaca dan mudah diperbaiki (revisi) jika ada yang perlu diperbaiki di kemudian hari.

Cara Cepat dan Rapi Mengetik Dokumen

Ada beberapa hal yang harus dikuasai dan dipersiapkan supaya pengetikan suatu dokumen bisa dikerjakan dengan cepat dan hasilnya rapi, di antaranya sebagai berikut:

1. Keahlian Mengetik 10 (Sepuluh) Jari

Mengetik 10 (Sepuluh) jari merupakan keahlian yang harus dikuasai untuk bisa mengetik dokumen secara cepat. Yang dimaksud keahlian mengetik 10 (Sepuluh) jari adalah mengetik menggunakan semua jari tangan, tapi tidak semua jari tangan bisa menekan tombol keyboard sembarangan, masing-masing jari mempunyai fungsi untuk menekan tombol keyboard yang telah ditentukan. Keahlian ini tidak bisa dipelajari dalam waktu yang singkat, keahlian ini memerlukan waktu untuk membiasakan dan melatih jari tangan.

Saya sendiri melatih jari tangan dengan cara senam jari. Memang cara ini agak beda dari cara yang lain pada umumnya. Senam jari yang Saya lakukan terinspirasi dari cara senam jari untuk belajar gitar. Jujur saja sebelum Saya bisa mengetik 10 jari, Saya pernah belajar senam jari gitar. Dan ternyata senam jari bisa melenturkan otot jari tangan, sehingga gerakan jari tangan jadi kuat dan lincah.

Cara senam jari yang Saya lakukan adalah dengan cara menekan tombol keyboard secara berulang kali, tapi dengan metode senam jari gitar. Semua jari tangan Saya gerakan untuk menekan tombol keyboard sesuai dengan masing-masing fungsi jari tangan, dimulai dari huruf A sampai Z. Untuk lebih lengkapnya cara senam jari pengetikan Saya tulis pada postingan terpisah pada blog ini.

    2. Pemahaman Kaidah Penulisan yang Baik dan Benar

    Pemahaman pada kaidah penulisan yang baik dan benar sebenarnya sudah dipelajari pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Pengetahuan yang didapat mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas sudah cukup untuk memahami kaidah penulisan pada pengetikan. Kali ini Saya akan menyebutkan beberapa kaidah penulisan yang sering digunakan pada pengetikan, di antaranya sebagai berikut:

    Penggunaan Huruf Kapital

    Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama pada:
    • awal kalimat,
    • nama orang, nama jabatan dan pangkat,
    • nama tempat, nama khas geografi,
    • nama hari, nama bulan, nama tahun, hari raya dan peristiwa sejarah,
    • nama lembaga, instansi, dan organisasi,
    • keagamaan, kitab suci, nama Tuhan termasuk kata gantinya,
    • nama bangsa, suku dan bahasa,
    • kata ganti Anda,
    • petikan langsung,
    • kata penunjuk hubungan kekerabatan.

    Penempatan Tanda Baca

    Tanda baca seperti titik (.) dan koma (,) ditempatkan menempel tanpa spasi pada kata sebelumnya, kemudian setelah tanda baca beri spasi sebelum mengetik kata selanjutnya. Sebenarnya pada Aplikasi Office Word jika Anda mengetik tanda baca kemudian beri spasi, kata selanjutnya yang diketik lalu beri spasi, maka kata yang baru saja diketik otomatis huruf awalnya menjadi huruf kapital.

    3. Pengaturan Lembar Kerja Office Word

    Dalam melakukan suatu pekerjaan tentunya Anda memerlukan alat bantu untuk mempermudah pekerjaan Anda. Untuk mengetik suatu dokumen diperlukan seperangkat komputer dan juga software/ aplikasi yang sudah terinstall pada komputer tersebut. Selanjutnya supaya aplikasi mudah digunakan dan tentunya merasa nyaman pada saat digunakan untuk mengetik, Anda harus mengaturnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Apa saja dan bagaimana untuk mengatur lembar kerja Office Word sebelum Anda mengetik suatu dokumen, saya akan menguraikannya pada postingan yang lain. Silahkan lihat postingan dengan judul Pengaturan Lembar Kerja pada Word sebelum Mengetik Dokumen.

    Posting Komentar untuk "Cara Cepat dan Rapi Mengetik Dokumen"