Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Konektor F pada Kabel Coaxial untuk Antena dan Parabola, Menggunakan Tang Kompresi

Kabel coaxial sering digunakan dalam instalasi antena dan parabola untuk mentransmisikan sinyal televisi dan radio. Salah satu jenis konektor yang digunakan untuk menghubungkan kabel coaxial dengan antena atau parabola adalah konektor F.

Selain digunakan untuk instalasi antena atau parabola, kabel coaxial juga biasa digunakan pada pemasangan CCTV dengan jenis kamera CCTV analog.

Konektor F ini bisa dipasang dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan tang kompresi atau tang compression/ tang crimping. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasang konektor F pada kabel coaxial untuk antena dan parabola menggunakan tang kompresi.

Konektor F yang bisa dipasang menggunakan tang kompresi adalah konektor F kompresi/compression bukan konektor F biasa. Jenis kabel yang digunakan pun harus kabel yang berkualitas baik, karena bagian yang akan dikompresi menggunakan tang adalah bagian luar kabel atau selubung/isolasi luar pada kabel.

Cara Memasang Konektor F pada Kabel Coaxial

Ada beberapa kelebihan jika Anda memasang konektor F kompresi pada kabel coaxial, di antaranya konektor F yang terpasang hasilnya sangat kuat dan tidak mudah lepas. Sangat bagus juga jika kabel yang sudah terpasang konektor F kompresi dipakai pada pemasangan CCTV.

Siapkan Bahan dan Alat

Sebelum memulai proses pemasangan, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan adalah:

Bahan-bahan:

  1. Konektor F tipe kompresi
  2. Kabel coaxial
Gambar: Konektor F Tipe Kompresi

Kabel coaxial yang pernah saya gunakan untuk dipasang konektor F kompresi adalah kabel Merk KITANI, kualitasnya cukup bagus.

Gambar: Kabel Coaxial

Alat-alat:

  1. Tang kompresi khusus untuk kabel coaxial
  2. Pisau cutter
  3. Pengupas kabel/ stripper (tidak wajib, bisa diganti dengan pisau cutter)
  4. Tang potong (tidak wajib, bisa diganti dengan pisau cutter)

Gambar: Tang Kompresi

Gambar: Pisau Cutter

Gambar: Stripper

Gambar: Tang Potong

Langkah 1 - Potong Kabel Coaxsial

Langkah pertama adalah memotong kabel coaxsial dengan ukuran yang dibutuhkan. Pastikan potongan kabel tersebut lurus dan bersih. Gunakan tang potong untuk memotong kabel coaxsial tersebut atau jika tidak ada tang potong bisa menggunakan pisau cutter.

Langkah 2 - Kupas Selubung Kabel

Langkah selanjutnya yaitu mengupas selubung kabel atau isolasi luar menggunakan stripper atau jika tidak ada stripper bisa menggunakan pisau cutter. Kupas kabel sepanjang yang diperlukan, untuk mengukurnya sejajarkan konektor F kompresi dengan kabel yang akan dikupas. Lihat gambar berikut ini, kupas dimulai dari bagian yang diberi tanda merah.

Selubung kabel coaxial (isolasi luar) yang sudah dikupas hasilnya terlihat seperti pada gambar berikut ini.

Langkah 3 - Potong Anyaman Tembaga, Pelindung, dan Isolasi Dalam

Langkah selanjutnya yaitu memotong konduktor berupa anyaman tembaga, pelindung berupa aluminium foil dan isolasi dalam berupa plastik atau plastik berbusa. Potong menggunakan pisau cutter dengan hati-hati supaya rapi dan tidak merusak konduktor tembaga yang terdapat di dalamnya.

Potong sepanjang yang diperlukan, untuk mengukurnya sejajarkan konektor F kompresi dengan kabel yang akan dipotong. Lihat gambar berikut ini, potong dimulai dari bagian yang diberi tanda merah.

Konduktor anyaman tembaga, pelindung aluminium foil, dan isolasi bagian dalam yang sudah dipotong hasilnya terlihat seperti pada gambar berikut ini. Setelah itu lipat anyaman/serabut tembaga ke arah luar, pelindung aluminium foil yang tersisa biarkan saja dan jangan dilipat supaya bisa masuk ke dalam konektor F.

Langkah 4 - Pasang Konektor F

Setelah memotong lapisan isolasi, langkah selanjutnya adalah memasang konektor F kompresi pada kabel coaxsial. Untuk memasang konektor F, masukkan konduktor inti tembaga dan isolasi dalam ke dalam lubang di tengah konektor F. Pastikan bahwa konduktor inti tembaga dan isolasi dalam benar-benar masuk ke dalam konektor F.

Tekan terus kabel sampai ujung isolasi dalam sejajar dengan bagian dasar pada bagian depan konektor F kompresi.

Jika konduktor inti tembaga terlalu panjang, potong menggunakan tang potong atau pisau cutter.

Langkah 5 - Gunakan Tang Kompresi

Setelah itu, pasang tang kompresi pada konektor F dan tekan tang kompresi tersebut hingga konektor F terpasang dengan kuat pada kabel coaxsial. Pastikan bahwa tang kompresi digunakan dengan benar agar konektor F terpasang dengan rapat pada kabel coaxial.

Setelah tang kompresi ditekan kemudian lepaskan, lalu lepas kabel dari tang. Konektor F kompresi yang sudah terpasang pada kabel coaxial hasilnya terlihat seperti pada gambar berikut ini.

Perbandingan konektor F kompresi yang sudah terpasang pada kabel dan yang belum terpasang, terlihat seperti pada gambar berikut ini.

Uji Konektivitas

Setelah konektor F terpasang pada kabel coaxsial, uji konektivitas dengan menggunakan alat tes sinyal atau antena TV. Pastikan bahwa sinyal televisi dan radio dapat ditangkap dengan baik dan tidak terjadi gangguan atau noise.

Itulah langkah-langkah cara memasang konektor F kompresi pada kabel coaxsial untuk antena dan parabola menggunakan tang kompresi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghubungkan kabel coaxsial dengan antena atau parabola dengan mudah dan aman. Jika Anda merasa kesulitan atau tidak yakin, sebaiknya minta bantuan dari ahli instalasi untuk memastikan pemasangan konektor F pada kabel coaxsial dilakukan dengan benar dan aman.

Semoga bermanfaat bagi Anda yang berprofesi sebagai teknisi pemasangan parabola, antena TV, dan CCTV, atau bagi Anda yang sedang belajar memasang konektor F pada kabel coaxial.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Konektor F pada Kabel Coaxial untuk Antena dan Parabola, Menggunakan Tang Kompresi"