Widget HTML #1

Tips dan Trik Menyalin atau Copy Paste Teks supaya Hasilnya Rapi

'Copy Paste' teks atau istilah gaulnya 'Copas' adalah menyalin teks dari sumber lain kemudian ditempatkan pada tujuan yang diinginkan, misalkan pada Aplikasi Office Word dan Excel. Teknik ini sangat bermanfaat bagi yang sedang mengerjakan tugas membuat tulisan seperti makalah, laporan dan sebagainya.

Tapi ingat!!! jika akan melakukan 'copas' suatu teks dari sumber tulisan orang lain, seperti dari website atau blog, Saya sarankan sebutkan sumber atau linknya. Mengapa demikian? jika Anda 'copas' tanpa menyebutkan sumbernya, tindakan tersebut disebut plagiat atau plagiarisme (penjiplakan) dan pelakunya disebut plagiator.

Mencantumkan sumber atau link tulisan orang lain bisa dicantumkan pada daftar pustaka, seperti pada saat Anda sedang membuat makalah. Bukan hanya 'copas' teks, 'copas' gambar pun sebaiknya menyebutkan sumbernya.

Tips dan Trik Copy Paste Teks supaya Hasilnya Rapi

Berikut ini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana cara 'copas' teks pada Office Word dan Office Excel supaya hasilnya rapi. Cara ini berlaku untuk 'copas' teks dari sumber lain seperti blog ke Office Word atau 'copas' teks antara file Office Word atau Excel. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. 'Copy Paste' Teks pada Office Word

Sebelum 'copas' teks, atur dulu Office Word yang Anda gunakan, misalkan Anda menginginkan hasil 'copas' teks sebagai berikut:
  • Jenis huruf: Calibri
  • Ukuran huruf: 12
  • Jarak antar baris: 1,5
  • Paragraf: rata kiri kanan (justify)

Setelah menentukan pengaturan pada Office Word sesuai yang Anda inginkan, selanjutnya menentukan sumber yang akan di'copas'. Misalkan Anda akan 'copas' teks dari blog, buka blog kemudian sorot atau pilih teks yang akan di'copas' lalu klik kanan pada teks yang dipilih tersebut. Setelah muncul menu pop up kemudian pilih 'Copy' atau bisa menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan Tombol 'Ctrl' bersamaan dengan Tombol 'C' (Ctrl + C).

Setelah menyalin teks dari sumber blog, kemudian tempatkan/ tempel pada Office Word dengan cara klik kanan pada lembar kerja, lalu muncul menu pop up dan pilih 'Paste'/ Tempel. Bisa juga menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan Tombol 'Ctrl' bersamaan dengan Tombol 'V' (Ctrl + V).

Setelah di'Paste' maka akan muncul Pop Up Toolbar 'Paste Options', kemudian pilih 'Match Destination Formatting' maka teks yang di'copas' formatnya akan sesuai dengan pengaturan yang telah Anda tentukan.

Poin penting yang harus diperhatikan di sini adalah Pop Up Toolbar 'Paste Options', yang hanya muncul satu kali setelah command 'Paste' dijalankan. Jadi jika Anda menjalankan command lain atau melakukan pengetikan setelah command 'Paste' dijalankan, maka Pop Up Toolbar 'Paste Options' akan hilang dan tidak bisa lagi dimunculkan. Jika terlanjur hilang, untuk memunculkan kembali yaitu dengan cara mengulangi langkah-langkah 'copas' dari awal.

Apa kelebihannya jika Anda menjalankan opsi 'Match Destination Formatting'. Kelebihannya yaitu format yang berlaku/ menempel pada teks yang di'copas' akan dihapus dan format pada aplikasi tujuan akan langsung diterapkan pada teks tersebut.

Jika Anda 'copas' teks kemudian mengatur formatnya secara manual, maka hasilnya pasti kurang rapi karena format pada teks yang di'copas' tersebut masih berlaku/ menempel.

2. 'Copy Paste' isi Data pada Office Excel

Tips dan trik 'copas' pada Office Excel hampir sama dengan Office Word. Pada Office Excel formatnya bukan hanya teks, tapi ada format lainnya seperti format mata uang, tanggal, persentase, dll. Sebagai contoh, berikut ini cara 'copy paste' data berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Misalkan Anda sudah punya data NIK pada Office Word dan akan di'copas' pada Office Excel. Caranya Anda atur dulu format sel pada Office Excel dengan format 'Text'. Mengapa Anda harus menggunakan format 'Text'? Karena format NIK merupakan format angka dengan digit yang panjang, jadi Anda harus merubahnya ke format 'teks' supaya hasilnya rapi.

Langkah-langkahnya pun hampir sama dengan 'copas' pada Office Word, sebelum 'copas' atur dulu sel pada Office Excel yang Anda gunakan. Caranya pilih/ sorot kolom kosong yang akan digunakan untuk menempatkan hasil 'copas' kemudian pada Menu Bar pilih 'Home'. Pada Tab 'Number' pilih 'Text'.

Lakukan langkah 'copas' seperti biasa:

  • Pilih teks yang akan dicopas pada Office Word, kemudian salin dengan menekan 'Ctrl' + (C) pada keyboard.
  • Lalu 'Paste' (Ctrl + V) pada sel di Office Excel yang sudah diatur format selnya menjadi format 'Text'.
  • Setelah muncul Pop Up Toolbar 'Paste Options', kemudian pilih opsi 'Match Destination Formatting'.
  • Hasilnya pasti rapi dan sesuai dengan format yang telah Anda tentukan.

Berikut ini hasil 'copas' data NIK pada Office Excel:

Itulah salah satu contoh 'copas' pada Office Excel. Praktis, mudah, dan rapi bukan? Untuk format sel lainnya, caranya hampir sama.

Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Menyalin atau Copy Paste Teks supaya Hasilnya Rapi"