Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecilkan atau Kompresi Ukuran File, Dengan Mudah Anda Bisa Mengatur Level Kompresi dan Melihat Ukuran Hasil Kompresi Sebelum Diunduh

Ketika Anda ingin mengirim atau mengunggah file ke internet, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah ukuran file. File yang terlalu besar akan memakan waktu yang lama untuk diunggah atau diunduh, dan juga bisa memakan banyak ruang penyimpanan. Oleh karena itu, salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan kompresi pada file.

Kompresi file adalah proses mengurangi ukuran file dengan cara menghapus data yang tidak perlu atau mengubah format file menjadi lebih efisien. Ada banyak cara untuk melakukan kompresi file, namun dalam artikel ini kita akan membahas cara yang paling mudah dan praktis.

Cara Melakukan Kompresi File

  1. Menggunakan software kompresi file
  2. Menggunakan fitur kompresi bawaan pada sistem operasi
  3. Mengubah format file
  4. Menghapus data yang tidak diperlukan
  5. Menggunakan layanan kompresi file online

Jika Anda tidak ingin ribet dengan mengunduh software kompresi file, cara yang paling mudah dan praktis yaitu dengan menggunakan layanan kompresi file online. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengakses  alamat situs penyedia layanan kompresi file online, kemudian unggah file yang ingin dikompres, tunggu beberapa saat proses kompresi file, kemudian unduh hasil kompresi.

Dengan melakukan kompresi file, Anda bisa mengurangi ukuran file sehingga lebih mudah untuk diunggah atau diunduh. Selain itu, Anda juga bisa menghemat ruang penyimpanan pada perangkat Anda. Cobalah beberapa cara di atas dan pilihlah cara yang paling cocok untuk Anda gunakan. Saran saya gunakan aplikasi berbasis web pada situs layanan kompresi file online.

Namun, perlu diingat bahwa melakukan kompresi file juga dapat mempengaruhi kualitas file. Misalnya, ketika Anda mengompres file gambar dengan level kompresi yang tinggi, maka kualitas gambar akan menurun. Oleh karena itu, pastikan kamu mengatur level kompresi yang tepat sehingga tidak mengorbankan kualitas file.

Selain itu, juga perlu diperhatikan bahwa tidak semua file dapat dikompresi dengan efektif. Misalnya, file video yang sudah di kompresi sebelumnya tidak akan terlalu berkurang ukurannya saat dikompres ulang. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih file yang dapat dikompresi dengan efektif.

Dalam melakukan kompresi file, pastikan juga Anda mengikuti aturan yang berlaku. Misalnya, jika Anda ingin mengunggah file ke situs web atau platform tertentu, pastikan Anda mengetahui batasan ukuran file yang diizinkan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan hak cipta dan privasi dari file yang ingin Anda bagikan.

Menggunakan Layanan Kompresi File Online

Kali ini saya akan membagikan cara kompresi file menggunakan aplikasi berbasis web. Aplikasi yang cukup bagus menurut saya yaitu Aplikasi 11zon, yang bisa diakses secara online pada situs web dengan alamat https://www.11zon.com.

Kelebihan Aplikasi 11zon yaitu Anda bisa mengatur level kompresi dengan cara menggeser slider dan melihat ukuran file yang telah dikompresi sebelum Anda mengunduh file hasil kompresi tersebut.

Cara Kompresi File Menggunakan Aplikasi 11zon

Sebagai contoh, misalkan saat ini Anda bekerja sebagai operator Aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) di tingkat desa, dan Anda akan mengupload file proposal pembangunan jalan yang sudah discan. Format file yang bisa diupload adalah format PDF dan ukuran file yang akan diupload tidak boleh lebih dari 2 MB.

Berarti jika file proposal hasil scan lebih dari 2 MB, maka Anda harus mengecilkan atau mengompresi file tersebut. Berikut ini langkah-langkah mengurangi atau kompresi file PDF menggunakan Aplikasi 11zon supaya bisa diupload pada Aplikasi SIPD.

Langkah 1

Siapkan file yang akan diupload dalam format PDF, jika file hasil scan berupa format JPG atau  JPEG, maka file tersebut harus dikonversi dulu ke format PDF. Caranya supaya mudah gunakan juga Aplikasi 11zon.

Buka situs web dengan alamat https://www.11zon.com. 

Setelah halaman aplikasi terbuka, pilihlah Tombol Image to PDF pada Tab PDF.

Kemudian pilih Tombol SELECT PHOTO, lalu pilih file format JPG yang akan dikonversi menjadi format PDF. Anda bisa memilih foto lebih dari satu file dan nantinya akan dikonversi menjadi satu file PDF.

Setelah itu pilih Tombol CONVERT TO PDF, lalu proses konversi file pun berjalan.

Kemudian download file hasil konversi dengan memilih tombol DOWNLOAD PDF, atau jika file tersebut akan langsung dikompresi, maka pilih Tombol COMPRESS PDF.

Langkah 2

Untuk menjalankan kompresi file, pilihlah Tombol Compress PDF pada Tab PDF.

Kemudian pilih file PDF yang akan dikompresi dengan memilih Tombol SELECT PDF.

Setelah halaman pengaturan level kompresi terbuka, kemudian atur level kompresi dengan menggeser slider ke sebelah kanan atau kiri. Jika slider bergeser ke sebelah kanan, maka nilai persentase akan bertambah, dan level kompresi pun semakin tinggi, akan tetapi ukuran file hasil kompresi akan semakin kecil.

Setelah menggeser level kompresi, kemudian klik Tombol COMPRESS untuk menjalankan proses kompresi file. Lalu lihat ukuran file hasil kompresi pada bagian New Size.

Jika ukuran file hasil kompresi belum sesuai dengan yang diinginkan, maka lakukan lagi menggeser slider ke sebelah kanan, lalu klik Tombol COMPRESS. Lalu lihat lagi ukuran file hasil kompresi pada bagian New Size.

Jika ukuran file hasil kompresi sudah sesuai dengan yang diinginkan, misalkan 2 MB atau kurang, maka download file tersebut dengan menekan Tombol Download.

Proses kompresi file telah selesai, sekarang Anda bisa mengupload file yang sudah dikompresi pada situs yang diinginkan, misalkan pada situs Aplikasi SIPD.

Kesimpulannya, melakukan kompresi file merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi ukuran file sehingga lebih mudah untuk diunggah atau diunduh.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan kompresi file, seperti menggunakan software kompresi file, fitur kompresi bawaan pada sistem operasi, mengubah format file, menghapus data yang tidak diperlukan, dan menggunakan layanan kompresi file online.

Namun, pastikan Anda memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan kualitas dan aturan yang berlaku.

Demikian artikel tutorial tentang cara mengompresi ukuran file, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecilkan atau Kompresi Ukuran File, Dengan Mudah Anda Bisa Mengatur Level Kompresi dan Melihat Ukuran Hasil Kompresi Sebelum Diunduh"