Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Ada berbagai cara untuk menghasilkan uang dari internet. Salah satunya adalah menjadi publisher iklan. Publisher iklan adalah menayangkan iklan milik orang lain dengan cara memasang iklan tersebut pada media yang telah disediakan.

Lihat saja media televisi (TV) yang setiap hari menayangkan berbagai macam iklan, coba Anda tebak berapa pendapatannya dari iklan. Secara global, sumber pendapatan stasiun TV berkisar antara 45-50% dari pengiklanan. Begitu juga dengan media-media lainnya seperti radio, surat kabar, dan lain sebagainya.

Mungkin Anda bertanya-tanya, dari mana dan siapa yang membayar iklan? Padahal kita sebagai penonton cuma menikmati apa yang ditayangkan oleh media televisi. Tentu saja iklan berasal dari penyedia iklan dan yang membayar biaya iklan tersebut adalah perusahaan yang beriklan untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Kemudian penyedia iklan membayarkan kepada media penayang iklan dengan aturan yang telah ditentukan dan disepakati.

Lalu media apa pada internet yang bisa dipasang atau menayangkan iklan? Ya tentu saja 'Situs Web' atau Website. Pada situs web Anda bisa beriklan langsung jika Anda mempunyai perusahaan, bisnis, atau lembaga lainnya. Atau Anda juga bisa menayangkan iklan milik orang lain pada situs web yang Anda miliki.

Untuk menjadi publisher iklan, situs web yang Anda buat harus berisi konten yang menarik, sehingga situs web Anda akan sering dikunjungi oleh pengguna lainnya di dunia internet. Konten tersebut bisa berupa artikel, gambar, foto, suara, musik, video, dll.

Bagaimana cara membuat situs web? Apa saja keahlian yang harus dikuasai untuk membuat situs web? Tenang saja, Anda tidak harus menguasai aplikasi desain web atau pemrograman web, keahlian yang dibutuhkan cukup bisa mengoperasikan komputer. Atau di era sekarang peran komputer bisa digantikan dengan smartphone, tablet, dsb.

Untuk membuat situs web, Anda bisa menggunakan aplikasi berbasis web secara online. Ada banyak perusahaan yang menyediakan produk dan jasa di internet, salah satunya adalah 'Google'. Siapa yang tidak tahu Google? Saking tenarnya, orang-orang menyebutnya dengan 'Mbah Google' hehe... Dengan produk-produk Google Anda bisa mendapatkan informasi yang dibagikan atau disharing di internet, bahkan Anda bisa mendapatkan uang dengan menjadi publisher iklan yang disediakan oleh Google.

Saat ini produk Google yang terkenal dan banyak digunakan untuk membuat situs web adalah 'YouTube' dan 'Blogger'. YouTube merupakan situs web yang isi kontennya berupa video sedangkan Blogger adalah situs web yang isi kontennya berupa tulisan atau artikel, dan bisa juga disisipkan video. Keduanya bisa dijadikan media untuk menayangkan iklan dan bisa menghasilkan uang.

Anda mungkin mendengar berita atau info dari berbagai macam media, banyak orang yang sukses menjadi publisher iklan yang disediakan oleh Google dengan menggunakan media yang disediakan oleh Google pula. Mereka sering disebut 'Youtuber' atau 'Bloger'. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menjadi publisher iklan pada Blogger.

Kenapa saya memilih Blogger sebagai topik pembahasan kali ini? Karena membuat konten pada Blogger cukup mudah jika dibandingkan dengan YouTube. Modal yang diperlukan pun cukup minim. Memang di antara keduanya ada berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Blogger merupakan aplikasi berbasis web untuk membuat situs web berjenis Blog.

Persyaratan supaya blog bisa menayangkan iklan pun cukup mudah jika dibandingkan dengan YouTube. Anda cukup membuat minimal 10 (Sepuluh) artikel yang unik hasil karya Anda sendiri, bukan hasil meniru dari artikel orang lain. Setiap artikel minimal terdiri dari 500 Kata, lebih banyak lebih bagus. Itu pun jika Anda menggunakan penyedia iklan dari Google. Jika menggunakan penyedia iklan yang lain bahkan lebih mudah, bahkan ada yang bisa langsung menayangkan iklan.

Gambar: Contoh Produk 'Google'

Modal yang Harus Dipersiapkan

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan bagi Anda yang ingin menjadi publisher iklan pada Blogger, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Keahlian menulis atau membuat artikel
  2. Keahlian mengetik menggunakan komputer
  3. Perangkat komputer (PC) desktop atau laptop (bisa juga menggunakan smartphone, tablet, dsb.)
  4. Koneksi internet
  5. Mempunyai 1 (Satu) Akun Google
  6. Berusia minimal 18 Tahun (jika Anda belum berusia 18 Tahun, Anda dapat meminta orang tua atau wali untuk mendaftar ke 'Adsense' menggunakan Akun Google mereka)

Adsense merupakan produk Google yang menyediakan jaringan iklan dengan harga yang tinggi dibandingkan dengan penyedia iklan yang lain. Jadi, saya sarankan gunakan Adsense sebagai penyedia jaringan iklan.

Aplikasi yang Digunakan

Ada banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi untuk membuat desain situs web berjenis blog, begitu pula dengan penyedia jaringan iklan. Nah, supaya Anda tidak kesana kemari mengunakan berbagi macam aplikasi, saya sarankan gunakan semua aplikasi dari produk Google. Mengapa demikian? Karena semuanya gratis, Anda hanya perlu mempunyai 1 Akun Google dan koneksi internet. Berikut ini ada 5 (Lima) aplikasi dari produk Google yang bisa digunakan:

  1. Google Chrome (aplikasi browser untuk membuka situs web atau blog, bisa juga menggunakan browser yang lain)
  2. Blogger (aplikasi untuk membuat situs web berjenis blog)
  3. Google Search Console (aplikasi untuk mendaftarkan blog supaya terindeks oleh aplikasi mesin pencari Google)
  4. Google Analytics (aplikasi untuk memantau trafik blog, dan data-data lainnya seperti jumlah pengunjung blog, dsb.)
  5. Google Adsense (aplikasi penyedia jaringan iklan)

Kelima aplikasi tersebut cukup diakses menggunakan 1 (Satu) Akun Google saja, bahkan khusus untuk Adsense, Anda tidak boleh memakai 2 (Dua) Akun Google. Cukup 1 Akun Google saja untuk Adsense, Anda bisa menayangkan iklan pada banyak situs/blog bahkan pada YouTube.

Langkah-langkah Menjadi Seorang Publisher Iklan

Setelah semua persiapan tersedia dan Anda sudah menentukan aplikasi yang akan digunakan, sekarang saatnya Anda bekerja untuk mewujudkan menjadi seorang publisher iklan.

Langkah ke-1

Buka Google Chrome kemudian akses Aplikasi Blogger, caranya buka situs web dengan alamat www.blogger.com. Lalu masuk menggunakan Akun Google yang Anda miliki.

Gambar: Tampilan Aplikasi Blogger

Setelah masuk Aplikasi Blogger, Anda bisa memulai membuat atau menulis artikel. Tentukan dulu judul blog, sesuaikan dengan artikel yang akan Anda buat. Di dalam blog nantinya akan terdapat beberapa postingan atau artikel dengan judul masing-masing.

Untuk lebih lengkapnya panduan menggunakan Blogger akan saya bahas pada postingan atau artikel yang lain. Atau Anda bisa belajar sendiri, caranya cukup mudah, semudah menggunakan Aplikasi Word.

Langkah ke-2

Setelah Anda membuat blog dengan artikel minimal 10 (Sepuluh) postingan, kemudian publikasikan dan bagikan atau sharing link blog Anda melalui media sosial atau media lainnya, supaya blog Anda bisa dilihat oleh orang lain. Setelah blog Anda dipublikasikan, langkah selanjutnya daftarkan blog Anda pada Aplikasi Google Search Console supaya blog Anda terindeks oleh aplikasi mesin pencari Google.

Nantinya jika blog Anda sudah terindeks oleh mesin pencari Google, maka blog Anda akan muncul jika seseorang mengetik kata kunci yang sesuai dengan isi artikel pada blog Anda. Untuk bisa masuk pada hasil pencarian teratas pada Google tidaklah mudah. Saran saya perbanyak artikel pada blog Anda, jumlah kata pada setiap artikel pun haruslah banyak, sekitar 1.000 (Seribu) Kata atau lebih.

Untuk mengakses Aplikasi Google Search Console, buka browser kemudian buka situs web dengan alamat https://search.google.com/search-console/about. Lalu masuk menggunakan Akun Google yang Anda miliki. Untuk lebih lengkapnya panduan menggunakan Google Search Console akan saya bahas pada postingan atau artikel yang lain.

Gambar: Tampilan Aplikasi Google Search Console

Langkah ke-3

Setelah blog Anda terindeks oleh mesin pencari Google, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog Anda pada Aplikasi Google Analytics. Langkah ini akan mempermudah untuk ke langkah selanjutnya, karena pada saat pendaftaran blog ke Google Adsense, Adsense akan mudah meninjau blog Anda dengan bantuan aplikasi Google Analytics.

Untuk mengakses Aplikasi Google Analytics, buka browser kemudian buka situs web dengan alamat https://analytics.google.com. Lalu masuk menggunakan Akun Google yang Anda miliki. Untuk lebih lengkapnya panduan menggunakan Google Analytics akan saya bahas pada postingan atau artikel yang lain.

Gambar: Tampilan Aplikasi Google Analytics

Langkah ke-4

Setelah blog Anda bisa dipantau oleh Google Analytics, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog Anda ke Aplikasi Google Adsense. Nah, ini adalah langkah terpenting yang menentukan bisa atau tidaknya blog Anda dipasang dan menayangkan iklan. Proses peninjauan Adsense biasanya membutuhkan waktu paling lama sekitar 2 (Dua) Minggu.

Untuk mengakses Aplikasi Google Adsense, buka browser kemudian buka situs web dengan alamat https://www.google.com/adsense/start/. Lalu masuk menggunakan Akun Google yang Anda miliki. Untuk lebih lengkapnya panduan menggunakan Google Adsense akan saya bahas pada postingan atau artikel yang lain.

Gambar: Tampilan Aplikasi Google Adsense

Jika blog Anda sudah diterima oleh Adsense, maka blog Anda sudah bisa dipasang iklan. Setelah itu Anda jangan berhenti membuat artikel, makin banyak lebih bagus supaya trafik blog Anda meningkat. Tapi ingat, Anda jangan mengklik iklan pada blog Anda sendiri, karena itu melanggar peraturan Adsense, bisa-bisa nanti layanan Adsense untuk blog Anda dihentikan.

Setelah Anda menjalankan keempat langkah tersebut sebelumnya, sekarang Anda harus rajin-rajin berdo'a semoga pembaca blog Anda mau mengklik iklan yang ditayangkan pada blog Anda. Penghasilan dari penayangan iklan akan mengalir dengan sendirinya ke rekening Anda.

Demikian artikel cara menghasilkan uang dari internet dengan menjadi publisher iklan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang dari Internet"