Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel

Sumber Gambar: Pixabay

Anda pasti pernah mengalami masalah saat mencetak dokumen pada file Excel.

Masalah yang dialami biasanya jika Anda mencetak dokumen menggunakan Kertas F4.

Mengapa demikian? Karena ukuran Kertas F4 tidak tersedia pada aplikasi Office Excel.

Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya dengan cara menggunakan ukuran Kertas Legal dan mengakali pengaturan margin halaman.

Cara mengakalinya, yaitu dengan menambah ukuran margin bawah pada halaman Excel.

Contohnya sebagai berikut: jika Anda akan menggunakan margin bawah halaman sebesar 2 CM, maka pengaturan margin yang digunakan adalah 4,5 CM.

Mengapa demikian? Karena selisih ukuran tinggi Kertas F4 dan Kertas Legal adalah sebesar 2,5 CM.

Ukuran Kertas F4 adalah: Tinggi: 33 CM dan Lebar: 21,5 CM. Sedangkan ukuran Kertas Legal adalah: Tinggi: 35,5 CM dan Lebar 21,5 CM.

Jadi jika Anda akan menggunakan trik di atas, aturlah ukuran margin bawah halaman pada Excel dengan cara menambahnya sebesar 2,5 CM.

Sebenarnya ada cara yang lebih praktis, jika Anda tidak mau ribet menghitung penambahan ukuran margin tersebut.

Caranya yaitu dengan menambahkan ukuran Kertas F4 pada pengaturan printer yang digunakan.

Cara Menambah Ukuran Kertas F4 pada Excel

Langkah pertama buka Aplikasi Office Excel, setelah jendela aplikasi terbuka pilih Menu Tab Page Layout, kemudian klik icon yang berbentuk mirip kotak bergambar panah untuk membuka pengaturan Page Setup.

Setelah Dialog Box Page Setup terbuka, lalu klik Tombol Options untuk membuka pengaturan printer.

Kemudian pada Dialog Box Pengaturan Printer klik pada Tab Ukuran Dokumen, lalu pilih Ditentukan Pengguna.

Setelah Dialog Box Ukuran Kertas yang Ditentukan Pengguna terbuka, kemudian masukkan nama "Kertas F4" pada  Tab Nama Ukuran Kertas, lalu masukkan angka "215" pada isian Tab Lebar Kertas, lalu masukkan angka "330" pada isian Tab Tinggi Kertas.

Angka 215 dan 330 merupakan hasil konversi satuan dari CM ke MM (21,5 CM = 215 MM, 33 CM = 330 MM).

Kemudian klik Tombol Simpan untuk menyimpan ukuran Kertas F4 yang telah Anda tentukan, lalu klik Tombol OK.

Ukuran Kertas F4 telah tersimpan pada pengaturan printer, sekarang Anda bisa menggunakannya dengan cara memilihnya pada Tab Paper size pada Dialog Box Page Setup, lalu pilih Kertas F4 yang sudah ada pada daftar pilihan.

Selanjutnya untuk mengatur ukuran margin, Anda bisa menggunakan ukuran sebenarnya, tidak perlu menambah ukuran margin untuk mengakalinya.

Pengaturan ukuran Kertas F4 yang telah tersimpan pada pengaturan printer, tidak hanya berdampak pada Office Excel saja. Tetapi berdampak pada Office Word.

Coba Anda buka Aplikasi Office Word, kemudian buka pengaturan Page Setup, pada Tab Paper pada pilihan Paper size akan terdapat pilihan Kertas F4.

Jadi ketika Anda akan mengatur ukuran Kertas F4 pada Office Word tidak perlu mengisi ukuran tinggi dan lebar kertas secara manual.

Pengaturan Kertas F4 yang telah tersimpan pada pengaturan printer yang Anda gunakan, memang akan sangat membantu ketika Anda membuat dokumen dengan ukuran Kertas F4.

Namun cara tersebut ada sedikit kekurangan, yaitu ketika Anda membuka file Excel pada komputer lain yang belum dilakukan pengaturan Kertas F4 pada printernya, maka pengaturannya akan hilang.

Lain halnya dengan Office Word, jika file Word dibuka pada komputer lain, maka pengaturan Kertas F4 yang telah Anda tentukan sebelumnya tidak akan hilang.

Untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengatur Kertas F4 pada komputer lain, dengan cara seperti yang telah diuraikan di atas.

Demikian tutorial cara mudah membuat ukuran Kertas F4 di Excel, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel"