Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Error 0x0000011b pada saat Sharing Printer dari Windows 10 ke Windows 7

Error 0x0000011b adalah masalah umum yang sering dialami oleh pengguna ketika mereka mencoba untuk berbagi printer dari sistem operasi Windows 10 ke Windows 7. Pesan kesalahan ini muncul karena adanya masalah kompatibilitas antara kedua sistem operasi tersebut. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara memperbaiki error 0x0000011b ini agar Anda dapat berbagi printer dengan lancar antara Windows 10 dan Windows 7.

Sumber Gambar: Pixabay

Cara Memperbaiki Error 0x0000011b pada saat Sharing Printer

Langkah 1 - Pastikan Kedua Perangkat Terhubung ke Jaringan yang Sama

Sebelum mencoba langkah perbaikan lebih lanjut, pastikan bahwa kedua perangkat, yaitu komputer dengan Windows 10 dan komputer dengan Windows 7, terhubung ke jaringan yang sama. Pastikan juga keduanya berada dalam kelompok kerja (workgroup) yang sama.

Langkah 2 - Perbarui Driver Printer

Driver printer adalah perangkat lunak yang sangat penting untuk menghubungkan printer dengan komputer. Pastikan Anda telah menginstal driver printer terbaru di kedua perangkat. Pergi ke situs web produsen printer atau gunakan fitur Windows Update untuk memperbarui driver printer.

Langkah 3 - Hidupkan Fitur Sharing di Windows 10

Pastikan fitur sharing telah diaktifkan di komputer dengan Windows 10. Ikuti langkah berikut:

  1. Buka "Pengaturan" (Settings) di Windows 10.
  2. Pilih "Perangkat" (Devices).
  3. Pilih "Printers & scanners" di sisi kiri.
  4. Pastikan fitur "Printer sharing" diaktifkan.

Langkah 4 - Konfigurasi Advanced Sharing di Windows 7

Di komputer dengan Windows 7, Anda perlu mengaktifkan fitur Advanced Sharing untuk memastikan printer dapat diakses oleh perangkat lain di jaringan. Ikuti langkah berikut:

  1. Buka "Control Panel" di Windows 7.
  2. Pilih "Network and Sharing Center".
  3. Klik pada "Change advanced sharing settings" di sebelah kiri.
  4. Aktifkan opsi "Turn on file and printer sharing".

Langkah 5 - Nonaktifkan Firewall Sementara

Kadang-kadang, firewall dapat memblokir koneksi dan berbagi printer antar perangkat. Untuk menguji apakah masalahnya terkait dengan firewall, coba nonaktifkan firewall sementara di kedua perangkat dan periksa apakah printer dapat dibagikan tanpa error 0x0000011b.

Langkah 6 - Periksa Izin dan Otorisasi

Pastikan bahwa izin dan otorisasi yang tepat telah diberikan untuk berbagi printer di kedua perangkat. Pastikan pengguna di kedua sistem memiliki izin penuh untuk menggunakan printer.

Langkah 7 - Gunakan Metode Alternatif

Jika langkah-langkah di atas masih tidak memperbaiki error 0x0000011b, Anda dapat mencoba menggunakan metode alternatif untuk berbagi printer. Misalnya, Anda dapat mencoba menggunakan fitur "Add a printer using a TCP/IP address or hostname" di Windows 7 atau mencoba berbagi printer melalui jaringan berbasis grup kerja.

Langkah 8 - Mengedit Registry Windows

Berdasarkan pengalaman saya, cara ini yang benar-benar berhasil mengatasi error 0x0000011b dan cara ini mudah dilakukan. Anda cukup menjalankan kode registry yang sudah disediakan pada link di akhir artikel ini.

Kesimpulan

Error 0x0000011b pada saat berbagi printer dari Windows 10 ke Windows 7 dapat diatasi dengan beberapa langkah perbaikan sederhana. Pastikan kedua perangkat terhubung ke jaringan yang sama, perbarui driver printer, aktifkan fitur sharing, dan periksa izin serta otorisasi yang diberikan. Jika perlu, Anda juga dapat mencoba metode alternatif untuk berbagi printer. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda seharusnya dapat berbagi printer secara sukses tanpa adanya pesan error 0x0000011b.

Download Reg Fix Error 0x0000011b

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Error 0x0000011b pada saat Sharing Printer dari Windows 10 ke Windows 7"