Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Twibbon Operator Aplikasi SIPADES - Sistem Pengelolaan Aset Desa

Sistem Pengelolaan Aset Desa atau disingkat SIPADES merupakan alat bantu Pemerintah Desa untuk pengadministrasian dan inventarisir aset desa berupa barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli Desa, dibeli atau diperoleh atas beban belanja anggaran pendapatan dan belanja Desa atau perolehan lainnya yang sah, berdasarkan Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Aplikasi SIPADES merupakan aplikasi perencanaan administrasi aset desa berbasis sistem informasi mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan. Selain itu aplikasi ini juga  dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedomaan umum kodefikasi aset desa.

Aplikasi SIPADES digunakan untuk menertibkan penggunakaan aset desa agar dapat berdaya guna dan berhasil guna bagi pemerintah desa. Sekaligus untuk mempermudah pemerintah desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa.

Inventarisasi dan pendataan aset desa berbasis aplikasi SIPADES dinilai penting karena bisa menjadi wadah untuk saling berkomunikasi. Di samping pula sebagai langkah mewujudkan pelaksanaan penyelenggaraan pembangunan desa sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan aturan pelaksanaannya.

Hadirnya aplikasi SIPADES untuk pengelolaan aset desa sangat diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan yang ada. Serta meminimalisir kesalahan-kesalahan yang diakibatkan dalam ragkaian kegiatan pengelolaan keuangan aset desa.

Diharapkan juga dengan adanya aplikasi SIPADES, pemerintah desa dapat memberikan perhatian serta komitmennya dalam rangka implementasi secara menyeluruh demi terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang sejalan dengan amanat peraturan perundang undangan.

Bagi Anda perangkat desa yang bertugas sebagai Operator SIPADES, berikut ini twibbon yang bisa digunakan.

Twibbon SIPADES

Link Twibbon SIPADES

Posting Komentar untuk "Twibbon Operator Aplikasi SIPADES - Sistem Pengelolaan Aset Desa"