Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Bantuan STB Gratis, Segera Cek Nama Anda

Pada Tahun 2022 di Indonesia siaran TV analog mulai dimatikan dan migrasi ke siaran TV digital. Program pemerintah tersebut diberi nama Analog Switch Off (ASO).

Program ASO dilaksanakan secara bertahap, mulai dari pertengahan Tahun 2022. Untuk mendukung Program ASO, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan bantuan sosial (bansos) berupa perangkat receiver Set Top Box (STB) gratis untuk masyarakat tidak mampu.

Dengan perangkat STB, TV analog bisa menangkap siaran TV digital. Jadi jika Anda mempunyai TV analog jangan dulu diganti dengan TV digital.

Manfaatkan TV analog dan antena yang sudah ada, lalu pasang STB di antara antena dan TV Analog Anda.

Untuk mendapat bantuan STB gratis, masyarakat harus terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Cara Mengecek Bantuan Set Top Box Gratis

Anda dapat mengecek secara mandiri, apakah Anda terdaftar sebagai penerima bansos STB atau tidak. Caranya yaitu melalui link berikut https://cekbantuanstb.kominfo.go.id.

Setelah masuk pada situs Kominfo, masukkan NIK atau nomor e-KTP Anda, kemudian masukkan kode captcha yang tertera. Lalu klik Tombol PENCARIAN.

Gambar: Cara Cek Bansos STB Gratis

Jika hasilnya muncul tulisan berwarna hijau "Success! Pencarian ditemukan, anda termasuk calon penerima bantuan STB", berarti Anda terdaftar sebagai calon penerima bantuan STB.

Gambar: Cara Cek Bansos STB Gratis

Setelah itu, lihat data selengkapnya ke bagian bawah. Terdapat 2 Tombol verifikasi yang berwarna hijau dan kuning.

Klik tombol berwarna kuning jika data Anda yang tertera belum sesuai, terutama status penerimaan bantuan. Jika data yang tertera sudah sesuai, maka klik tombol berwarna hijau.

Gambar: Cara Cek Bansos STB Gratis

Kembali ke langkah awal, jika hasilnya muncul tulisan berwarna merah "Failed! Pencarian tidak ditemukan, anda tidak termasuk calon penerima bantuan STB.", berarti Anda tidak atau belum terdaftar sebagai calon penerima bantuan STB.

Gambar: Cara Cek Bansos STB Gratis

Demikian tutorial cara mengecek bantuan STB gratis, semoga bermanfaat bagi Anda.

Cara Memasang 2 Antena untuk 2 STB tanpa Splitter
















Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Bantuan STB Gratis, Segera Cek Nama Anda"