Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat dan Mudah Membuat Nomor Otomatis pada Excel

Pada saat Anda menggunakan Aplikasi Office Excel, pastinya pernah mengalami membuat nomor secara berurutan. Baik itu berurutan secara vertikal maupun horizontal.

Bagaimana cara Anda membuatnya? Mengetik nomor satu per satu atau dengan cara otomatis?

Mengetik nomor berurutan satu per satu merupakan cara paling mudah, jika nomor berurutan tersebut sedikit.

Coba bayangkan jika nomor berurutan terdiri dari ratusan atau lebih, pastinya melelahkan dan memerlukan waktu yang lama pada saat membuatnya.

Membuat Nomor Urut Otomatis pada Excel

Sebenarnya pada Aplikasi Microsoft Office Excel sudah tersedia fitur untuk membuat nomor berurutan secara otomatis.

Fitur penomoran otomatis pada Excel yaitu fungsi Auto Fill. Ada berbagai macam cara untuk mengaktifkan fungsi Auto Fill pada Excel.

Di sini saya akan memberikan tips dan trik membuat nomor otomatis pada Excel menggunakan fungsi Auto Fill dengan cara tercepat.

Membuat Nomor Urut Otomatis secara Vertikal

Buka Aplikasi Office Excel pada komputer Anda, kemudian pada lembar kerja langsung ketik Angka "1", lalu tekan Enter satu kali.

Setelah itu klik pada sel yang terdapat angka "1" tadi, kemudian arahkan cursor mouse pada pojok kanan bawah sel sampai cursor mouse yang tadinya berupa tanda plus putih tebal menjadi tanda plus hitam tapi tidak tebal.

Sumber Gambar: Screenshot

Kemudian klik kiri mouse lalu tahan dan geser (drop dan drag) ke arah bawah sampai pada sel yang diinginkan, lalu lepas klik mouse.

Sumber Gambar: Screenshot

Setelah klik kiri mouse dilepas, maka angka "1" tadi akan tersalin/ tercopy dan akan muncul Pop Up Toolbar Auto Fill Options.

Sumber Gambar: Screenshot

Setelah muncul Pop Up Toolbar Auto Fill Options, lalu klik kiri mouse, maka akan muncul menu pilihan. Kemudian pilihlah Fill Series untuk membuat angka "1" yang tercopy tadi menjadi angka berurutan mulai dari angka 1, 2, 3, dan seterusnya.

Sumber Gambar: Screenshot

Berikut gambar hasil akhir penomoran otomatis pada Office Excel, menggunakan fungsi Auto Fill.

Gambar: Hasil Fungsi Auto Fill

Membuat Nomor Urut Otomatis secara Horizontal

Untuk membuat nomor urut otomatis secara horizontal caranya hampir sama dengan cara vertikal. Perbedaannya hanya pada arah pergeseran mouse (drop drag).

Anda tinggal ubah saja cara di atas, geser mouse ke sebelah kanan dari sel yang dipilih. Maka nomor urut otomatis akan terbentuk ke arah samping (horizontal).

Sumber Gambar: Screenshot

Melanjutkan Nomor Selanjutnya secara Otomatis

Jika Anda akan melanjutkan nomor berurutan yang sudah ada secara otomatis, caranya hampir sama dengan cara di atas.

Caranya yaitu klik pada sel yang terdapat angka terakhir yang akan dilanjutkan nomor urutannya. Kemudian arahkan cursor mouse pada pojok kanan bawah sel sampai cursor mouse yang tadinya berupa tanda plus putih tebal menjadi tanda plus hitam tapi tidak tebal.

Sumber Gambar: Screenshot

Kemudian klik kiri mouse lalu tahan dan geser (drop dan drag) ke arah bawah sampai pada sel yang diinginkan, lalu lepas klik mouse.

Sumber Gambar: Screenshot

Setelah klik kiri mouse dilepas, maka angka terakhir tadi akan tersalin/ tercopy dan akan muncul Pop Up Toolbar Auto Fill Options.

Sumber Gambar: Screenshot

Setelah muncul Pop Up Toolbar Auto Fill Options, lalu klik kiri mouse, maka akan muncul menu pilihan. Kemudian pilihlah Fill Series untuk membuat angka terakhir yang tercopy tadi menjadi angka berurutan mulai dari angka terakhir tersebut dan seterusnya.

Gambar: Melanjutkan Nomor Otomatis

Perhatian

Perlu Anda perhatikan, penomoran otomatis pada Office Excel tidak sama dengan fungsi Numbering pada Office Word.

Pada Word, jika Anda menghapus salah satu nomor maka nomor akan secara otomatis menyesuaikan urutannya.

Sedangkan pada Excel tidak demikian, jika menghapus salah satu nomor maka nomor tidak secara otomatis menyesuaikan urutannya.

Misalkan Anda membuat nomor urut dari 1 sampai dengan 20 pada Excel, kemudian Anda menghapus nomor 15.

Maka nomor 15 akan hilang, sedangkan nomor selanjutnya, yaitu nomor 16 akan tetap demikian, tidak berubah otomatis menjadi nomor 15.

Demikian tutorial cara membuat nomor otomatis pada Excel, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat dan Mudah Membuat Nomor Otomatis pada Excel"