Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Print Dokumen Ukuran Legal ke F4 dan A4 pada Aplikasi Excel atau Word Tanpa Mengubah Pengaturan Ukuran Kertas

Anda pasti pernah mengalami kesulitan pada saat akan mencetak dokumen dengan ukuran Kertas Legal ke kertas ukuran F4 atau A4. Mengapa demikian? Karena ukuran Kertas Legal lebih panjang dibandingkan dengan Kertas F4 atau A4.

Jadi jika dokumen ukuran Legal diprint ke kertas ukuran F4, maka hasilnya pasti tidak akan tercetak sebagian. Kecuali jika Anda mengakalinya dengan cara menambah ukuran margin bawah pada dokumen yang berukuran Legal.

Tapi kenapa kebanyakan orang membuat dokumen dengan menggunakan ukuran Kertas Legal, padahal di toko buku dan alat tulis jarang atau tidak tersedia kertas dengan ukuran Legal.

Hal itu karena kebanyakan orang ingin menggunakan Kertas F4, sedangkan pada komputer dan printer tidak tersedia ukuran Kertas F4. Jadi solusinya yaitu membuat dokumen dengan ukuran Legal, karena ukurannya hampir sama dengan ukuran Kertas F4, lalu mengakali ukuran marginnya.

Sebenarnya ukuran Kertas F4 bisa Anda masukkan secara manual pada pengaturan komputer atau printer. Bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya bagaimana cara memasukkan ukuran Kertas F4 pada pengaturan printer, dan cara mengakali margin pada dokumen ukuran Legal, silahkan kunjungi artikel pada link berikut ini Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel.

Lalu bagaimana jika Anda mendapatkan file berukuran Legal yang ukuran marginnya belum ditambah dan harus segera dicetak pada Kertas F4. Dan jika merubah dulu pengaturan margin atau pengaturan  ukuran kertas akan memerlukan waktu yang lama.

Tenang saja, solusinya ada pada artikel selanjutnya, jadi baca terus artikelnya sampai akhir.

Cara Print Dokumen Ukuran Kertas Legal ke Ukuran Kertas F4

Di sini saya akan memberikan cara tercepat, yaitu mencetak langsung dokumen berukuran Kertas Legal ke Kertas F4 tanpa merubah pengaturan margin dan ukuran kertas terlebih dahulu. Dengan syarat ukuran Kertas F4 sudah Anda masukkan secara manual dan disimpan pada pengaturan printer yang akan digunakan.

Cara untuk memasukkan dan menyimpan ukuran Kertas F4 pada pengaturan printer ada pada link berikut Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel.

Coba bayangkan jika Anda sedang banyak pekerjaan dan harus merubah pengaturan dokumen yang berisi banyak halaman. Ditambah lagi harus mengatur isi halaman satu per satu yang harus sesuai dengan ukuran kertas yang baru diubah.

Apalagi jika dokumen tersebut berupa dokumen PDF, yang ukuran kertas dan marginnya sudah terkunci, pengaturannya sudah tidak bisa diubah lagi.

Pada aplikasi atau driver printer terbaru sudah tersedia fitur untuk mencetak dokumen dari ukuran sebenarnya ke ukuran kertas yang lain.

Langsung saja kita praktekkan, misalkan Anda mendapatkan file berupa Excel yang berukuran Kertas Legal dan akan mencetaknya pada Kertas F4.

Langkah pertama buka file Excel, kemudian pilih Tombol Office yang berada di sebelah kiri atas. Setelah muncul menu pilihan, lalu pilih Print.

Atau bisa dengan cara cepat, yaitu menggunakan tombol shorcut pada keyboard. Tekan Tombol Ctrl bersamaan dengan Tombol P pada keyboard (Ctrl + P).

Setelah muncul dialog box atau jendela Print, kemudian pilih Tombol Properties.

Setelah muncul jendela Printer Properties, kemudian pilih Tab Pilihan Lainnya, lalu pada Tab Ukuran Dokumen pilih Legal dan pada Tab Kertas Hasil Cetak pilihlah F4. Selanjutnya pilih Tombok OK untuk mulai proses pencetakan dokumen.

Dokumen Excel yang berukuran Legal akan tercetak pada Kertas F4 tanpa ada yang terpotong, akan tetapi hasilnya diperkecil (skala) supaya isi dokumen bisa masuk pada ukuran Kertas F4.

Cara ini juga berlaku pada ukuran dokumen lainnya, misalkan dokumen berukuran Kertas Legal ke ukuran Kertas A4, dokumen berukuran Kertas F4 ke ukuran Kertas A4, dan lain-lain.

Demikian tutorial cara print dokumen ukuran Kertas Legal ke ukuran Kertas F4, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Print Dokumen Ukuran Legal ke F4 dan A4 pada Aplikasi Excel atau Word Tanpa Mengubah Pengaturan Ukuran Kertas"